Pilih Platform Blogspot Apa Platform Wordpress ?

Pilih Platform Blogspot Apa Platform Wordpress ? Teman-teman mungkin waktu pertama kali kalian mau bikin blog pasti kalian ada terpikirkan dalam hati kalian yaitu bikin blog dari platform apa ya ? Platform Blogspot Apa Platform Wordpress ? Pasti kalian pada kebingungan ya kan. Kalianpun pasti pada sibuk cari informasi dimana-mana. Maupun mencari informasi baik dari teman kalian, forum dan juga Google tentunya.
Platform Blogspot Apa Platform Wordpress ?
Platform Blogspot Apa Platform Wordpress ?
Untuk itu saya akan menjelasakan apa itu platform blogspot, apa itu platform wordpress, apa kekurangan dan kelebihan dari masing-masing platform tersebut. Mari kita simak penjelasan berikut ini.
 

Apa Itu Platform Blogspot ?

Platform blogspot adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google yaitu sekitar pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihostkan oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. 
 
Namun perlu teman-teman ketahui bahwa blogspot juga memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya itu di server lain yaitu melalui FTP hingga tepatnya pada tanggal 1 Mei 2010. 
 
Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL yang dapat kita beli di layanan penyedia domain.

Baca Juga : 

Apa Kelebihan Dari Platform Blogspot ?

Teman-teman platform blogspot tentunya juga memiliki kelebihannya. Lantas apa sih kelebihan dari platform blogspot yuk kita simak penjelasannya berikut ini.
  1. Perlu teman-teman ketahui platform blogspot juga memiliki terintegrasi dengan Google Account. Jika kalian memiliki account di gmail atau Google reader, otomatis kalian sudah memiliki account platform blogspot.
  2. Platform blogspot juga memiliki proses Sign Up yang sangat mudah sekali untuk di lakukannya.
  3. Perlu kalian ketahui dari platform blogspot kalian juga bisa memasang script AdSense.
  4. Platform blogspot juga memiliki panel kontrol yang juga sangat sederhana dan sangat mudah sekali untuk dimengerti.
  5. Platform blogspot juga tersedia berbagai navigasi yaitu navigasinya dalam bahasa Indonesia.
  6. Platform blogspot juga memiliki file CSSnya yang juga dapat kalian edit sesuka hati kalian tentunya.
  7. Platform blogspot juga memiliki navigasi admin yang sangat sederhana, dan mudah dimengerti diantaranya memiliki posting, pengaturan dan juga tata letak.
  8. Platform blogspot juga sudah tersedia beberapa widget untuk melakukan settingan sesuai kebutuhan kita masing-masing.
  9. Dari platform blogspot juga kalian sudah bisa memiliki banyak blog dalam satu account gmail.
  10. Kelebihan dari platform blogspot yaitu tentunya kalau masalah index lebih cepat index blogspot karena blogspot anaknya Google jadi tidak mungkin menganak tirikan blogspot.

Apa Kekurangan Dari Platform Blogspot ?

Tentunya platform blogspot juga memiliki kekurangan tersendiri teman-teman yaitu kekurangannya sebagai berikut :
  1. Platform blogspot untuk tampilan dashboardnya terlalu sangat sederhana dan kurang fancy.
  2. Platform blogspot memiliki pilihan template bawaan yang sangat terlalu sedikit, sehingga banyak blog dengan tampilan yang sejenis.
  3. Platform blogspot tidak memiliki plugin, baik itu plugin SEO dan lain-lain untuk mengontrol lebih dalam lagi.
  4. Pada platform blogspot jika kalian memakai domain TLD kalian tidak akan bisa melakukan redirect domain jika blog kalian akun Google adsensenya di banned.

Apa Itu Platform Wordpress ?

Platform wordpress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). Platform wordpress juga dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya juga merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). 
 
Selain sebagai blog, Platform wordpress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 
 
Platform wordpress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama Platform wordpress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. Platform wordpress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

Kelebihan Dari Platform Wordpress ?

Tahukah kalian apa kelebihan dari platform wordpress ? Teman-teman untuk platform wordpress juga memiliki kelebihannya loh dibandingkan dengan platform blogspot. Kelebihan platform wordpress sebagai berikut.
  1. Platform wordpress memiliki terintegrasi dengan berbagai produk automattic lain seperti akismet dan gravatar teman-teman.
  2. Platform wordpress juga memiliki proses Sign up yang sangat mudah sekali
  3. Pada platform wordpress tentunya kalian bisa memiliki banyak blog dalam satu account
  4. Platform wordpress juga memiliki fitur My Comments. Jika kalian memberikan komentar di blog wordpress.com lainnya, kalian dapat melihatnya di dashboard blog kalian.
  5. Platform wordpress juga memiliki tampilan dashboard blog yang sangat fancy.
  6. Platform wordpress juga tersedia navigasi dalam bahasa Indonesia
  7. Platform wordpress juga memiliki template bawaan yang sangat banyak sekali
  8. Pada platform wordpress tentunya kalian juga bisa melakukan redirect domain TLD, jika blog kalian akun Google adsensenya di banned.

Apa Kekurangan Dari  Platform Wordpress ? 

Namun sangat di sayangkan teman-teman. Ternyata platform wordpress juga memiliki kekurangannya loh. Yuk kita simaka apa kekurangan dari platform wordpress.
  1. Pada platform wordpress kalian tidak bisa pasang script adsense kalau belum upgrade layanan ke versi berbayarnya.
  2. Pada platform wordpress kalian tidak bisa edit CSS kalau belum upgrade layanan ke versi berbayarnya.
  3. Kemudian pada platform wordpress untuk tampilan dashboard sedikit kompleks.
  4. Pada platform wordpress tentunya kalian tidak bisa menambah plugin kalau belum upgrade ke layanan ke versi berbayarnya.
Nah sekarang kembali lagi pada pilihan kalian semua masing-masing. Namun itu semua tergantung juga pada kebutuhan kalian masing-masing juga tentunya. Kalau kalian main blog hanya bertujuan untuk hanya berbagi ilmu, curhat-curhatan atau berbagi tutorial lebih baik kalian pakai saja Platform Blogspot. 
 
Namun jika kalian main blog bertujuan untuk jualan seperti jualan kaos, kemeja, sepatu atau mungkin blog kalian yang isinya tentang blog software yang dimana pengunjungnya memerlukan software untuk di download, sangat di sarankan sekali kalian harus memakai Platform Wordpress.
 
Kenapa saya sangat menyarankan sekali memakai Platform Wordpress ? karena Platform Wordpress memiliki berbagai macam plugin yang sangat di butuhkan untuk keperluan kemudahan dalam menunjang kemajuan blog kalian. 
 
Kalian mau pilih yang mana apa platform blogspot apa platform wordpress ? Perlu kalian ketahui semua jenis platform itu ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing tergantung selera dan kebutuhan kalian masing-masing juga tentunya. Kalian mau pilih yang mana ? silahkan beri komentar kalian serta alasannya di bawah ini ya.

Demikianlah artikel ini saya tuliskan dengan judul Pilih Platform Blogspot Apa Platform Wordpress ? Semoga kalian menemukan artikel apa yang kalian cari selama ini. Mudah-mudahan artikel ini berguna bagi kalian semuanya.

2 Responses to "Pilih Platform Blogspot Apa Platform Wordpress ?"

  1. Karena dalam ilmu blog masih awam, saya lebih baik pilih blogger dulu mas. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setuju mas. Kalau masih awam jajal blogger aja dulu. Kalau sudah ahli kan tinggal di alihkan saja ke platform wordpress. Lagian wordpress banyak biaya yang harus di keluarkan. Tetap semangat mas dalam ngeblog. Jangan kasih kendor.

      Delete

Jangan Lupa Like Page Facebook GODELOKU.com Untuk Mendapatkan Informasi Berita Terbaru dan Topik-topik Menarik Lainnya.